Senin, 21 Juli 2008

Bagaimana orang kaya mendidik anak tentang uang

Apakah sekolah menyiapkan anak-anak kita untuk menghadapi dunia yang riil? "Belajarlah yang giat dan raihlah angka yang baik, dan kamu akan mendapat pekerjaan yang berupah tinggi dengan tunjangan dan keuntungan yang besar". Begitulah kata orang tua kita dulu. ( benar ).
1. Apakah kita sering mendengar seorang anak berkata : "Bosan dan capai dalam belajar?"
2. Apakah karena anak kita tidak dapat memperoleh rangking yang baik, anak kita tidak akan bisa diterima di universitas ?
3. Apakah bila anak kita tidak lulus dari perguruan tinggi, tidak akan mendapat pekerjaan yang baik?

Ikutilah perkembangan zaman ! coba lihat sekeliling kita. saya kira kita juga tahu bahwa banyak orang yang sangat kaya tidak memperoleh kekayaan mereka karena pendidikan mereka. Lihatlah Michael Jordan dan Madonna, Bahkan Bill Gates yang dropped out dari Harvard University, telah mendirikan Microsof; sekarang ia merupakan orang terkaya di Amerika, padahal umurnya baru 30-an. Ada seorang pitcher bisbol yang menghasilkan lebih dari 4 juta dolar setahun sekalipun ia telah di cap 'di ragukan secara mental'.

Memperoleh pendidikan yang baik dan meraih ranking yang baik tidak lagi menjamin kesuksesan, dan tdak seorang pun memperhatikan hal itu, kecuali anak-anak kita.
- Apakah anda ingin anak anda bekerja bekerja sama kerasnya seperti yang anda lakukan, menghasilkan banyak uang dan tinggal di dalam rumah yang amat besar dengan begitu banyak mainan. Nasib anak anda pun akan berakhir seperti anda: bekerja keras dan makin keras hanya untuk membayar pajak yang lebih besar dan akhirnya hidup dalam hutang. tidak ada keamanan kerja lagi.
- Apakah anda tahu tentang segala ukuran yang kurang dan ukuran yang tepat.
- Apakah anda juga tahu bahwa lulusan universitas sekarang memperoleh penghasilan lebih sedikit dari pada yang anda peroleh ketika anda baru lulus dulu.
Kita membutuhkan jawaban-jawaban baru. Nasihat orang tua kita dulu mungkin berhasil untuk orang-orang yang lahir sebelum tahun 1945, tetapi nasihat itu mungkin bisa menjadi bencana bagi kita yang lahir dalam dunia yang berubah dengan sangat cepat. kita tidak bisa lagi hanya mengatakan "pergilah ke sekolah, raihlah nilai yang baik , dan carilah pekerjaan yang aman dan terjamin."

Kita harus mencari cara-cara baru untuk membimbing pendidikan anak-anak kita. Apakah anda prihatin dengan kurangnya pendidikan finansial yang di terima anak-anak anda di sekolah. Banyak dari anak-anak muda di zaman sekarang mempunyai kartu kredit sebelum mereka lulus SMU, namun mereka tidak pernah mendapat pendidikan khusus tentang uang atau bagaimana menginvestasikan uang. Apalagi tentang bagaimana cara kerjanya suku bunga kartu kredit yang berlipat ganda itu. Tanpa melek finansial dan pengetahuan tentang bagaimana cara uang bekerja, mereka tidak di siapkan untuk menghadapi dunia yang sedang menantikan mereka , sebuah dunia dimana pengeluaran lebih di tekankan dari pada penabungan.

Bagaimana orang-orang kaya bermain dalam kehidupan nyata.

Ada sebuah permainan, permainan ini di ciptakan oleh Robert T.Kiyosaki. permainan ini mirip seperti papan Monopoli yang berwarna-warni dengan seekor tikus raksasa yang berpakaian bagus di tengah-tengahnya, akan tetapi bukan seperti monopoli, di papan itu ada dua jalur : satu di dalam dan satu di luar. Tujuan permainan ini adalah keluar dari jalur yang di dalam --- yang oleh Mr. Robert di sebut "Perlombaan Tikus". ( Rat Race ) --- dan mencapai jalur yang di luar, atau "jalur cepat". seperti yang di katakan Mr. Robert, jalur cepat menstimulir bagaimana orang-orang kaya bermainan dalam kehidupan riil.

Nb :
Saya ingin berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada insan yang Sangat Luar Biasa, Mr.Robert T.Kiyosaki atas buku-buku yang telah di ciptakan oleh Mr.Robert. Posting di atas saya kutip dari salah satu buku karangan Robert T.kiyosaki yang berjudul "Rich Dad, Poor Dad". untuk lebih lanjutnya silahkan anda baca buku karangan Robert T kiyosaki, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Free Web Hosting with Website Builder