Senin, 21 Juli 2008

ciri-ciri arwana berkualitas baik




Cara memilih arwana berkualitas tidaklah mudah, kita harus memperhatikan beberapa ciri-cirinya yaitu :


1. Gaya renang yang anggun dan lincah.
pada umumnya, arwana yang sehat dan berkualitas memiliki gaya renang yang anggun dan lincah, sesekali meliuk dan muncul di permukaan air, selain itu arwana yang sehat juga gesit menyambar makanan, hindari memilih arwana yang pendiam, selalu berada di sudut aquarium. kemungkinan arwana seperti itu sedang sakit.

2. Bentuk tubuh compressed.
bentuk tubuh yang compressed yaitu, tebal dan lebar. Dari kepala, punggung, sampai pangkal ekornya berbentuk lurus. Terlihat kekar dan kuat serta tidak cacat atau ada bekas luka di tubuhnya.

3. Mulut lebar serta sungut tegak dan utuh.
pilih arwana yang bermulut lebar, rahang bawah dengan rahang atas tidak sama, rahang bawah harus lebih panjang dari rahang atas. Sepasang sungutnya di usahakan yang sama panjangnya dan tidak patah salah satunya atau keduanya, terutama pada arwana yang sudah dewasa.

4. Warna sisik di tubuhnya berkilau.
Warna sisik harus cemerlang, tidak kusam dan pudar. susunan sisik perlu di perhatikan dengan baik, susunan sisik yang terlihat rapi akan menimbulkan komposisi warna yang rapi.

5. Mata tidak buta dan tidak juling.
dalam pemilihan arwana, mata sangat penting di perhatikan! mata arwana harus bulat dan besar, dan tidak melotot atau menonjol ke atas atau ke bawah apalagi arwana yang buta.

6. Tutup insang tertutup dan terlihat rapi.
sebaiknya tidak memilih arwana dengan penutup insang melengkung ke luar karena arwana yang seperti itu terganggu pernapasannya.

7. Bentuk ekor seperti kipas.
Ekor terlihat besar tetapi proposional dengan panjang dan lebar tubuhnya, ekornya harus selalu mengembang seperti kipas terbuka dan ekornya juga tidak sobek atau ada bekas gigitan. Dan juga harus terhindar dari bintik-bintik putih ( white spot ).

Tidak ada komentar:

Free Web Hosting with Website Builder